Recent Post

Kamis, 02 Desember 2010

Cara optimalisasi Tinggi Badan Dengan Latihan Fisik Sederhana

Dalam cabang olahraga tertentu, seperti beladiri dalam kategori bertarung (sparring) , seringkali memerlukan tinggi badan ideal sesuai kelas tandingnya, maksudnya dengan kelebihan jangkauannya akan memberikan keuntungan tersendiri saat bertanding. Namun seiring pertambahan usia, pertumbuhan tinggi badan akan berhenti secara alami.

Dikutip Detikhealth, tinggi badan optimal tetap dapat diperoleh... melalui latihan fisik sederhana, meliputi latihan pernafasan yang benar, peregangan, dan olahraga.

1. Latihan Pernafasan yang Benar

Teknik pernafasan yang salah dengan perluasan diafragma dan otot pernafasan yang buruk dapat menyebabkan tulang dada dan rusuk memendek.
Selain itu, kondisi fisik dan sikap tubuh yang buruk dapat memberi kontribusi yang salah pada pengembangan diafragma.

Latihan pernafasan yoga, pilates dan tai chi merupakan cara yang tepat untuk pola pernafasan dalam kehidupan sehari-hari. Latihan ini dapat mengoptimalkan tinggi badan.


2. Peregangan

Ketika otot dalam keadaan tegang, maka otot anda akan memendek. Bagi yang ingin meninggikan badan, sebelum latihan melakukan peregangan terlebih dahulu agar otot kembali normal.

Cobalah melakukan peregangan pada otot paha belakang, betis, pinggang, dada, dan leher setiap hari. 


Disarankan melakukan semua peregangan selama 60 detik setiap peregangan, sehingga memberikan waktu bagi otot untuk memanjang.


3. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan tinggi badan dengan latihan pada gerakan yang fokus pada postur tubuh. Salah satunya yaitu dayung, yang memungkinkan untuk memperkuat punggung bagian tengah dan bahu. Pada gilirannya menjaga postur tubuh tetap tegak.

Olahraga berenang juga efektif meningggikan berat badan, sebab mengoptimalkan gerak pada otot bahu, tangan, dada, dan kaki.

0 komentar:

Posting Komentar